Pages

Senin, 18 Juli 2016


Ceritaku hari ini 
Hari ini Senin tepat tanggal 18 Juli 2016 hari pertama kali masuk tahun ajaran baru bahkan saya juga baru masuk ke sekolah yang baru juga baru dg murid-muridnya, guru-gurunya bahkan sama lingkungan sekolahnya,,,,Waktu pertama kali saya masuk ke kelas 2 SD alhamdulillah saya lebih semangat dari sebelumnya, saya bisa semangat seperti ini karena saya banyak belajar dari pengalaman yang sudah saya lewati selama 3 tahun yang lalu, banyak belajar dari guru-guru yang pandai dan luwes dalam menangani peserta didik, bahkan yang paling banyak adalah saya belajar dari buku-buku yang saya baca “Gurunya Manusia”, Kelasnya Manusia, karangan Munif Chatif, bahkan buku parenting karangan “Ayah Edy” dari situlah saya banyak mengambil manfaatnya sehingga pada awal masuk tadi semua kelas 2 SD yang baru pertama ketemu saya, mereka langsung akrab dan semangat, di awal pertama masuk saya mencoba mempraktikkan apa yang sudah saya baca dalam buku “Kelasnya Manusia” disitu bertuliskan“Guru itu bermain-main dengan otak siswa bukan lambungnya” kata tersebut saya baca berulang-ulang emang benar seorang guru dan menjadi guru haruslah faham betul dengan yang namanya otak siswa dalam artian bagaimana cara siswa itu berfikir, cara belajar siswa, maka kita sebagai guru haruslah pandai-pandai untuk menyesuaikan cara belajar siswa tersebut agar pembelajaran yang kita sampaikan menjadi efektif dan menyenangkan.
        
Zona alfa,,,,,                                                                                 Yaaach,,, Zona alfalah yang harus kita tumbuhkan terlebih dahulu sebelum siswa memulai pembelajaran. Ketika zona alfa sudah tumbuh pada siswa, maka siswa akan mampu menerima pembelajaran yang kita sampaikan selain itu siswa akan merasa nyaman dengan kegiatan pembelajaran yang terlaksana.            Berbagai macam nyanyian, kata-kata motivasi, senam jari ataupun tepuk-tepuk hendaklah kita selipkan pada tengah-tengah pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dan malas dengan sajian materi terus menerus itulah yang disebut WARMER dalam buku GURUNYA MANUSIA. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar